Apa Itu Iklan Facebook Ads dan Mengapa Luar Biasa?

Facebook Ads, Cara marketing menggunakkan Facebook ini begitu popular belakangan ini, terbukti dari pencarian Google trend pun, Pencarian Facebook Ads meningkat dan sudah mengalahkan pencarian Google Ads.

Apa yang membuat Facebook Ads menjadi begitu menarik ? Kita akan bahas lewat artikel ini dan banyak artikel di depan buat Anda yang mau mengesekusi Facebook Ads.

“Tapi kan Facebook udah jadul ?”

Sabar , sabar.. Ketika saya mengatakan Facebook Ads itu juga termasuk Instagram Ads di dalamnya, Karen acara beriklan di Instagram atau Messenger sama – sama menggunakkan Facebook Ads Manager.

Di sini saya coba membahas secara tuntas berdasarkan pengalaman saya selama 4 tahun dengan mengalokasikan lebih dari 10 milyar di iklan Facebook dan Instagram.

Karena ini cukup dalam maka saya bagi dalam beberapa artikel.

Bab 1. Apa itu Facebook Ads (Artikel Ini)

Bab 2. Cara Beriklan di Facebook Ads versi Mobile (Mudah, Fitur Tidak Lengkap)

Bab 3. Cara Beriklan di Facebook Ads versi Komputer (Sedang, Fitur Lebih lengkap)

Bab 4. Cara riset Interest untuk targetting iklan (Coming Soon)

Bab 5. Cara buat Custom Audience untuk menghantui customer Anda.

Bab 6. Cara buat Look a Like Audience mencari customer berpotensi.

Di tahun 2012 Facebook membeli Instagram dengan nilai fantastis yaitu 1 Milyar Dollar US, dan keputusan tersebut membuat Facebook merajai sosial media. Di tambah tahun 2014 Facebook membeli Whatsapp dengan nilai 19 Milyar Dollar US.

Kalau di beliin cendol 1 kota kayaknya bisa berenang tuh.

Di artikel – artikel di depan,  Saya akan mengajarkan langkah demi langkah mudah untuk membuat bisnis Anda lebih meningkat dengan menggunakan iklan Facebook (dan Instagram).

Tapi pertama-tama, Anda harus mengerti pola pikirnya lebih dulu. Mengapa Anda harus menggunakan Facebook untuk berjualan?

  • Anda bisa menjangkau 80-90 juta pengguna Facebook di Indonesia
  • Meskipun Anda di Indonesia, tapi Anda bisa beriklan ke SELURUH DUNIA dan menjangkau 1,6 Milyar pengguna Facebook dengan teknik yang sama yang diajarkan di artikel – artikel selanjutnya
  • Facebook memiliki algoritma yang membuat target iklan Anda SANGAT TERTARGET, Facebook tau siapa saja yang Anda follow, grup apa yang Anda gabung , Website apa yang Anda buka, dan teman – teman Anda seperti apa sehingga iklannya sangat tertarget.
  • Anda bisa melakukan edukasi market di Facebook lewat artikel, video atau foto dan setelah mereka teredukasi Anda bisa beriklan spesifik ke market yang telah Anda edukasi.

Misalkan Anda bergerak di bidang MLM, maka Anda bisa mengedukasi calon prospek Anda dengan menceritakan perbedaan MLM dengan money game sehingga setelah mereka teredukasi Anda bisa mengiklankan mereka ulang dengna fitur Retargetting.

Dengan Facebook Ads, Anda bisa melakukan :

  • Jualan produk
  • Jualan jasa
  • Dropship produk market Indonesia dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan menjualnnya lagi dengan brand online shop Anda.
  • Menjadi dropshipper internasional ke market negara lain
  • Jual produk digital dengan affiliate marketing
  • Membangun Personal Branding
  • Meningkatkan skill untuk melamar pekerjaan
  • Edukasi produk Anda untuk meningkatkan calon pembeli

Kenapa harus iklan Facebook Ads ?

Pertanyaan berikutnya adalah: “Kan bisa gratis, Mengapa saya perlu beriklan di Facebook atau Instagram?”

  • Anda perlu perhatikan bahwa hanya 5% dari follower Anda yang melihat postingan Anda karena Penjual di Facebook dan Instagram semakin banyak, sedangkan slot timeline pengguna tetap sama, sehingga Facebook lebih memprioritaskan akun Facebook / Instagram yang interaksinya sangat tinggi terhadap pengguna tersebut.

Coba perhatikan Fanspage di bawah ini.

Fanspage Tupperware Indonesia memiliki 1.8 Juta Fans ! Tapi ketika mereka melakukan posting hanya ada  97 like dan 7 share,

Apakah follower lain palsu ? Bukan.. Mereka tidak melihat postingan itu karena ramainya timeline seseorang. Hanya 5% dari jumlah follower Anda yang melihat postingan organic Anda, Gimana cara jangkau semuanya ?

Iklan, Facebook butuh uang untuk gaji karyawannya..

  • Anda membeli waktu sehingga tidak perlu repot beli follower atau sering posting. Anda bisa beriklan dengan 1 postingan saja.

Ketika Anda melakukan Facebook Ads , maka postingan Anda akan langsung di munculkan ke orang – orang, meskipun mereka belum follow Anda. Sehingga hasil yang Anda dapatkan langsung instant.

  • Bisa meningkatkan penjualan Anda karena disebarluaskan ke lebih banyak pengguna .

Kalau Anda melakukan posting promo di Facebook atau Instagram dan ternyata penjualannya bagus, apa yang akan Anda lakukan untuk membuat penjualannya meningkat ?

Tentunya Anda perlu membuat lebih banyak orang melihat promo Anda tersebut, Cara membuat lebih banyak orang melihat itu menggunakkan iklan. Semakin banyak biaya iklan Anda maka ada kemungkikan semakin tinggi omset anda. Tinggal Anda nanti hitung saja apakah keuntungan dan database nomer hp yang Anda dapatkan menutup biaya iklan Anda atau tidak.

Berikut ini ada 5 Hal Sederhana yang bisa Anda lakukan dengan Facebook advertising:

  • Posting produk Anda dengan nomer handphone WA kemudian closing di WA

Ini adalah cara paling sederhana berjualan di Facebook, Hanya bermodal nomer Whatsapp, tapi kalau mau hasil yang lebih luar biasa tentunya di gabungkan dengan website.

  • Iklan FREE Video / Ebook untuk mendapatkan database calon customer dan kemudian di jualin lewat email marketing

  • Melakukan iklan HANYA kepada orang yang pernah mengunjungi website Anda

  • Meminta Facebook mencari 1-10% dari orang di Indonesia (atau negara lain) yang memiliki kecenderungan membeli produk Anda / interaksi dengan produk Anda dengan data yang terlebih dahulu Anda berikan ke Facebook
  • Karena Facebook tau data semua orang penggunanya, maka Facebook bisa membantu Anda mencarikan 1 juta potential calon customer yang mirip dengan customer Anda yang sudah ada sekarang dengan gratis . Canggih banget kan.

Sudah paham sekarang ? Yuk kita mulai belajar tentang Facebook Ads.

>