Cara Lengkap dan Ampuh Instagram Ads atau Iklan Instagram

Ini dia langkah yang perlu Anda ikuti.

1. Pilih postingan yang ingin Anda iklankan

2. Connect Instagram dengan Facebook

Disini saya meng-conenctkan Instagram saya dengan Facebook saya, Tujuannya agar iklan saya bisa muncul di Ads Manager. (Saya akan jelaskan di poin 6)

Saya menggunakkan aplikasi Facebook di Handphone sehingga muncul seperti ini.

Kemudian pilih Continue untuk mengconnect kan Instagram dan Facebook.

3. Pilih Target iklan

Disini Anda akan memiliki 3 target iklan,

  • Your Profile

Ketika iklan di klik maka akan menuju profile Anda, (Bagus untuk mencari follower)

  • Your Website

Jika Anda menggunakkan website maka Anda bisa menggunakkan objective ini. Anda juga bisa menggunakkan link whatsapp sehingga ketika iklan Anda di klik maka akan langsung ke Whatsapp Anda. (Bagus untuk membawa orang ke website atau Whatsapp Anda)

(Cari tau tentang Merchant Pixel)

  • Your Direct Message

Ini untuk membuat orang DM di Instagram Anda.

4. Pilih Target Iklan

Disini Anda akan di minta untuk memilih Automatic atau Create your own.

Jika Anda menggunakkan automatic maka lebih simpel, tapi kurang efektif karena Anda tidak bisa menentukan sendiri target customer Anda.

Saya berikan tutorial untuk 2 jenis iklan ini.

4.1 Pilih Target Iklan (Automatic)

Kemudian Anda tentukan budget dan lama durasi iklan. Budget ini akan di habiskan dalam durasi yang sudah Anda tentukan. Dalam kasus ini 300 ribu untuk 6 hari.

Jika Sudah maka Anda akan di minta untuk memasukan kartu kredit. Dan langsung pencet create promotion maka iklan Anda sudah di jalankan.

4.2 Create Audience

Untuk bagian ini sedikit lebih kompleks karena Anda perlu memasukan beberapa hal.

Audience Name Hanya untuk catatan Anda maka Anda bisa masukkan nama apapun. Kalau mau mudah Anda bisa isi dengan nama kumpulan Interest yang nanti Anda masukkan.

Location

Disini Anda masukkan iklan Anda mau di munculkan di kota apa, Jika nanti Anda menggunakkan Facebook Ads Manager, Anda bisa target lebih general seperti “Indonesia” atau provinsi yang ada di Indonesia. Pada fitur ini di batasi hanya target kota.

Interest, Ini yang powerfull dari Facebook dan Instagram Ads yaitu kita bisa menargetkan iklan kepada orang yang tertarik pada kategori – kategori tertentu. Tentunya ini sesuaikan dengan niche bisnis Anda.

Untuk belajar lebih dalam tentang interest baca artikel ini >>

Setelah itu Anda tinggal memasukan umur audience Anda dan gender nya.

Jika sudah maka audience otomatis ter-save agar Anda bisa gunakkan di iklan lainnya.

5. Menentukan Budget

Proses selanjutnya sama dengan automatic yaitu Anda menentukan budget.

Dan iklan Anda siap untuk di jalankan.

Jika Anda sudah ada notifikasi ini maka iklan Anda sedang dalam proses review, Jika proses review sudah selesai maka iklan Anda otomatis akan di setujui dan berjalan.

6. Mengecek daftar iklan.

Di bagian profile Anda bisa klik Promotions untuk tau daftar iklan apa saja yang sedang berjalan dan hasilnya seperti apa.

7. Menganalisa iklan di Facebook Ads Manager.

Ingat tentang poin nomer 2 saya yang mengintegrasikan Facebook dengan Instagram ? Jika Anda melakukannya maka Anda bisa melihat iklan Anda di Facebook Ads Manager seperti ini.

Tujuannya adalah Anda bisa membaca laporan dengan lebih detail dan cepat, Laporan yang muncul disini jauh lebih lengkap dibandingkan yang dari Hp.

Selain itu targetting yang ada di komputer jauh lebih lengkap, contohnya seperti Anda bisa target orang yang mengunjungi instagram Anda, Provinsi, Negara, Beriklan di Instagram Stories, Beriklan di Instagram stories langsung dengan 3 postingan.

Mau naik kelas ? Pelajari iklan Instagram lewat komputer atau laptop disini