Panduan Super Lengkap Look a Like Facebook Ads

Artikel kali ini akan membahas tentang LAA atau Look Alike Audience. LAA bertujuan untuk scaling up (meningkatkan pendapatan iklan) atau sebagai bahan testing (targeting) baru untuk diiklankan.

LAA ini akan mencari orang-orang yang mirip umur, gender, kumpulan interest, dan lainnya yang ada di sebuah negara, berdasarkan algoritma Facebook.

Sebelum Anda membuat LAA, Anda wajib membuat dan memiliki custom audience. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan mengiklankan ulang Look Alike Audience hasil dari Look Alike Custom Audience.

Cara Membuat LAA

  1. Saat membuat LAA, akan muncul Source – dan ini harus custom audience.
  2. Masukkan Location – di negara mana. Facebook akan mencari 1% dari pengguna di sebuah negara. Misalnya pengguna Facebook di Indonesia adalah 10 juta orang maka Facebook akan mencari 1 juta orang di Indonesia yang mirip dengan custom audience yang Anda masukkan.
  3. Audience Size semakin kecil semakin bagus karena artinya semakin mirip. Anda harus melakukan tes karena terkadang bisa mendapatkan hasil antara 0-1% atau 1-2% dan 2-3%. Semakin ke kanan semakin tidak mirip.

Implementasi LAA

Bagaimana cara mengimplementasikan LAA ini? Berikut instruksinya.

Pergi ke Business Manager dan cari Assets → Audiences → Create Audience.

Pastikan Anda sudah memiliki custom audience untuk membuat LAA ini.

Cara pertama adalah dengan pilih create audience dan pilih Look a like audience

Cara kedua (Yang saya lebih suka) adalah pilih custom audiencenya kemudian Anda klik create Lookalike

Pilih Location: Indonesia. Akan muncul audience 1,2 juta orang atau jumlah lain sesuai perkembangan Facebook dari sumber audience yang sudah dipilih.

Klik Create Audience. Ini berguna bagi Anda yang menjadi dropshipper internasional, di mana Anda bisa membuat beberapa LAA sekaligus. Anda tinggal menambahkan location baru seperti UK, US, dan lainnya.

Ketika Anda menjalankan iklan melalui Ads Manager Anda bisa melakukan targeting ke LAA. Pilih Marketing Objective yang Anda inginkan, misalnya Engagement.

Lalu masuk ke level Ad Set dan di bagian audience Anda bisa klik Create New Custom Audiences, kemudian pilih Lookalike Audience. Anda juga bisa memilih Custom Audience jika menginginkannya.  Untuk Look Alike Audience Anda tidak harus memasukkan data Detailed Targeting lagi karena sudah diatur oleh Facebook, tapi Anda tetap bisa memasukkan data tersebut untuk testing lebih lanjut.

Cukup mudah bukan? Anda hanya perlu belajar mempraktekkannya maka selanjutnya akan semakin mudah.

Sekian dulu tutorial kali ini. Sampai jumpa di tutorial berikutnya!