Unhidden Story Bisnis International Dropship Saya

Artikel ini sebelumnya sudah pernah di Post di Facebook Freddy Ferdinand – 23 Desember 2017

Bulan agustus yang lalu , Gw pernah post story tentang bagaimana Gw bertemu dengan dunia digital marketing dan masuk di dunia international dropship , Kalau belum baca, Anda bisa baca disini >> https://www.facebook.com/freddyferdinandphan/posts/203363536869063

Bulan ini , Tepat 1 tahun saya masuk ke dunia international dropship, dan kebetulan karena sudah akhir tahun 2017. Gw akan bagikan kisah lain yang mungkin baru beberapa orang yang kenal dekat saya, tau cerita ini. Semoga lu bisa mendapatkan hikmah dari kisah saya ini.

Tahun lalu , Saya masuk ke dunia international dropship lewat gaji dan modal dropship lokal yang saya sisihkan.

Saya lupa tepatnya berapa, sekitar 4 – 6 juta rupiah kalau tidak salah. Tak disangka ternyata dalam 21 trial shopify saya. Saya mendapatkan hasil yang sangat luar biasa.

Waktu dapat winning campaign pertama saya, Saya masih ingat betul waktu itu sedang ada di Medan , Hari pertama di Medan penjualan saya 10 juta, hari kedua penjualannya 30 juta. Hari ketiga naik menjadi 70 juta, Senyum sumringah dan bahagia sekali, setiap pagi yang dicek selalu handphone dulu untuk liat sales.

Saya langsung ngobrol sama Carla rencana kita menikah pasti kesampaian kalau seperti ini dan kalau gini bisa cepat kebeli rumah.

Sampai musibah itu tiba… Karena transaksi yang begitu besar. Paypal saya kena limit….

Kalau lu belum tau , Paypal limit itu ketika dana tidak bisa di gunakkan karena kita belum mendapat kepercayaan dari Paypal, sehingga SEMUA dana kita di tahan.

Tidak bisa bayar Facebook ads, tidak bisa bayar Supplier.. Saya sangat shock sekali.

Kebetulan waktu itu di Medan kami bertemu dengan Gustiadi Prakoso dan Efrit Pendawa , Beberapa kali Gustiadi tanya saya kenapa hari 1-3 muka sumringah, di hari ke -4 kenapa jadi diam dan muka lesu gitu..

Saya Cuma jawab gpp. Saya ingat kalimat pak gusti bilang “Kalau kamu butuh bantuan bilang aja..”

Karena waktu itu belum ada komunitas yang saling berbagi pengalaman, Saya kira paypal kena limit bisa bebas dalam hitungan hari, tanpa pikir panjang saya pinjam kartu kredit efrit untuk gesek 50 juta untuk iklan, dan habis dalam waktu 2 hari. Ternyata tidak, proses pelepasan paypal memakan waktu sampai 1 bulan bahkan sampai berbulan2,

Dari yang awalnya saya “kaya” secara digital, waktu itu . Saya punya hutang kartu kredit, dan barang yang perlu di kirim ke Supplier total sekitar 120 juta, dan di rekening tidak ada uang sama sekali karena tabungan saya sudah saya taruh semua di Facebook Ads.

Sebenarnya ketika paypal saya limit, saya seharusnya menyetop semua iklan saya, Tapi memang karena waktu itu belum ada komunitas yang kuat dan tidak tau informasi seperti paypal limit, Saya nekat saja. Saya kira dana akan lepas 1-3 hari saja.

Beruntung waktu itu memang orang tua ada uang untuk talangi hutang saya sehingga aman, tapi masih ada 1 problemnya.

Gimana ini winning campaignnya ? Lanjutin atau tidak ? Tapi ga ada uang buat bayar Supplier dan Facebook ads nya.

Disitu ada 2 sifat dasar manusia muncul yaitu pain dan gain. Kalau pain maka saya stop dan nunggu 1 bulan lebih (yang mungkin winning campaignnya akan lewat), atau gain mencari pinjaman.

Keluarga dan pasangan saya Carla semua kasih saran untuk stop dulu aja. Tapi masih ada yang mengganjal di hati bahwa ini masih bisa winning, hingga saya teringat kalimat pak gusti yang menawarkan bantuan.

Akhirnya gain saya yang menang di bandingkan pain nya,Saya angkat telepon dan bilang “Ko.. Boleh pinjem yang ga ?” “Berapa fred ?” “1 milyar ada ga ? ” Jawab saya dengan agak takut.

Kemudian saya ceritakan kronologis detial nya, dan saya masih ingat kalimat dia sampai sekarang. “Oh,, kalau 1 milyar sih masih budget main – main saya. Saya memang ada alokasi dana untuk investasi bisnis. Nih daftar kartu kredit saya”

Akhirnya sistemnya bukan pinjam uang tapi ber-partnership lah kami.

Fast forward,
Setelah beberapa bulan berlalu, Saya sudah sukses mengembalikan semua dana yang saya pakai dari pak gustiadi prakoso. Nilai partnershipnya lumayan, dalam beberapa bulan, dari hasil bagi keuntungan. Pak gusti bisa beli pajero secara cash :p

Sekarang International dropship saya sudah berjalan tanpa uang investasi tersebut dan sebagai rasa terima kasih saya, Saya berikan beberapa % dari saham international dropship saya ke pak gusti tanpa dia perlu memberikan dana apapun untuk kami.

Dan tidak hanya sebagai partner investasi bisnis, beliau juga mengajarkan kami (Saya dan Carla) banyak hal luar biasa tentang manajemen uang, wealth, diversifikasi uang, pajak dan hal luar biasa lainnya yang belum pernah kami tau sebelumnya.

Saya dan Carla membagi keuntungan international dropship ke beberapa hal seperti deposito, investasi reksadana, saham, franchise minimarket Indomaret, bisnis restoran, membeli emas, bitcoin, investasi di bisnis orang dan tentunya investasi di bisnis kami sendiri.

Pelajaran yang bisa lu dapat disini :

1. Bisnis bukan hanya cara mencari uang, tapi juga tentang Networking. Networking adalah yang paling penting jika lu ingin naik kelas dengan cepat, mungkin tanpa pak gustiadi prakoso. Tidak akan ada kisah sukses saya di International dropship.

2. Saya dan pak gustiadi prakoso baru berkenalan kurang dari 1 tahun. Tapi dia bisa begitu percaya berinvestasi 1 milyar kepada saya. Rahasianya adalah karena networking.

3. Jadilah orang yang bisa di percaya, Setiap uang dan waktu yang orang lain berikan kepada lu. Kelola dengan baik, dan suatu hari lu akan di percaya hal yang lebih besar.
Jangan rusak harga diri dan kepercayaan orang hanya karena “uang kecil”.

4. Kalau mau dapat milyaran, bergaulah dengan orang yang income milyaran, punya pemikiran seperti mereka MESKIPUN mungkin income kita masih di angka jutaan, tapi tinggal tunggu waktu kita dapat milyaran karena cara kita berpikir dan berbisnis seperti mereka yang sudah milyaran.

5. Bisa bayangin seorang anak baru lulus kuliah di umur 22 tahun, berani minta investasi 1 Milyar dengan sistem kerja sama bagi hasil dan 100% kepemilikan saham perusahaan masih di saya. Mungkin lu masih muda atau income tidak sebesar yang lain, tapi pastikan bahwa bagaimana cara kita berpikir, mindset dan pikiran lu tidak miskin.

6. Cara mendapatkan uang lewat digital , cara mengatur uang , dan cara melipat gandakan uang adalah hal yang berbeda. lu perlu lebih dari 1 mentor untuk mempelajari ini.

7. Cara mendapatkan 1 juta / bulan , berbeda dengan cara mendapatkan 1 juta / sehari , sama halnya berbeda dengan cara mendapatkan 1 milyar / bulan. Tetap semangat untuk belajar.

8. Pain atau gain, itu terserah lu. Yang pasti adalah lu jangan menyesali keputusan yang lu buat.

Tahun 2017 ini memberikan saya dan Carla banyak pengalaman berharga dan luar biasa,

Terima kasih 2017, 2018 pasti akan lebih luar biasa lagi 🙂

Freddy Ferdinand